PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MELALUI RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY TERHADAP PENGURANGAN KECEMASAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH (Penelitian pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Secang)

Ina, Furqon Janna (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MELALUI RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY TERHADAP PENGURANGAN KECEMASAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH (Penelitian pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Secang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0301.0025 _ BAB I _ BBAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0025 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0025 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0025 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan konseling kelompok melalui rational emotive behavioral therapy terhadap pengurangan kecemasan sosial siswa di sekolah. Penelitian dilakukan pada siswa SMP Negeri 2 Secang. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu pre eksperimen dengan one group pre test, pos test design, Sampel yang diambil sebanyak 10 siswa yang masuk dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberi perlakuan (konseling kelompok melalui rational emotive behavioral therapy). Adapun teknik pengambilan sempel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecemasan sosial. Hasil penelitian menunjukan kecemasan sosial siswa mengalami penurunan setelah mengikuti konseling kelompok melalui rational emotive behavioral therapy. Penurunan kecemasan sosial siswa ditunjukan dengan penurunan skor pos test, rata-rata skor pre test yang semula 106.30 setelah diberikan perlakuan konseling kelompok melalui rational emotive behavioral therapy menunjukan penurunan pada rata-rata skor post test menjadi 85.10 dengan nilai signifikansi 0.005. Hal tersebut juga dibuktikan dengan adanya perubahan perilaku siswa. Siswa yang semula malu-malu untuk berpendapat karena memiliki kekhawatiran berlebih jika berbicara di depan banyak orang, setelah mendapat perlakuan konseling kelompok melalui rational emotive behavioral therapy menjadi lebih berani untuk mengungkapkan pendapatnya saat konseling berlangsung dan lebih aktif. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok melalui rational emotive behavioral therapy berpengaruh terhadap penurunan kecemasan sosial siswa di sekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS., Kons., (0002086001) dan Dra. Lilis Madyawati, M.Si., (0007096412)
Uncontrolled Keywords: kecemasan sosial, konseling kelompok teknik rational emotive behavioral therapy
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:03
Last Modified: 22 Jul 2019 03:03
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item