PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII C MTs Yajri Payaman)

Sari, Rizqi Novia (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII C MTs Yajri Payaman). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0301.0024_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0024_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0024_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0024_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

dengan teknik reinforcement terhadap peningkatan minat belajar siswa. penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII C MTs Yajri Payaman, Secang, Magelang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest – posttest. Sampel yang diambil sebanyak 9 siswa yang diberikan perlakuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket skala minat belajar yang terdiri dari 65 item. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan analisis non parametrik uji Wilcoxon Math Pairs Test dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 16.0 for windows Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik reinforcement berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan adanya perbedaan peningkatan minat belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan hasil analisis diperoleh taraf signifikansi 0,025 yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa antara sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan konseling kelompok dengan teknik reinforcement mengalami peningkatan yang signifikan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Si., (0012045601) dan Nofi Nur Yuhenita, M.Psi., (0609118701)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Reinforcement, Minat Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:02
Last Modified: 22 Jul 2019 03:02
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item