PENGEMBANGAN SISTEM PENGAJUAN BERKAS KLAIM BERBASIS WEB DENGAN NOTIFIKASI BOT TELEGRAM (Studi Kasus : Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Temanggung)

ROHMAN, FATKHUR (2021) PENGEMBANGAN SISTEM PENGAJUAN BERKAS KLAIM BERBASIS WEB DENGAN NOTIFIKASI BOT TELEGRAM (Studi Kasus : Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Temanggung). Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG.

[img]
Preview
PDF (SKRIPSI)
17.0504.0062_BAB I_BAB II_BAB III_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA - fatkhur rohman.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img] PDF (SKRIPSI)
17.0504.0062_BAB IV_BAB V - fatkhur rohman.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
17.0504.0062_FULLTEXT - fatkhur rohman.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
17.0504.0062_LAMPIRAN - fatkhur rohman.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
17.0504.0062_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORY - fatkhur rohman.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah berkembang pesat dan memberikan manfaat yang positif dalam menyelesaikan pekerjaan suatu organisasi. Oleh karena itu perusahaan membutuhkan sistem yang dapat memberikan informasi secara cepat dan tepat. BPJS Kesehatan sebagai lembaga penyedia jaminan kesehatan memiliki tugas untuk mengelola data peserta program jaminan sosial dalam bentuk arsip. Unit kearsipan BPJS Kesehatan berperan dalam mengelola berbagai berkas, salah satunya adalah berkas klaim yang berasal dari Fasilitas Kesehatan (FASKES). Sistem yang berjalan di BPJS Kesehatan cabang Temanggung adalah aplikasi berbasis Microsoft Access dimana database masih bersifat lokal dan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan validasi. Berkas yang diserahkan hanya dapat diinput dan divalidasi oleh petugas arsip BPJS pada satu perangkat komputer di kantor. Setelah divalidasi maka petugas perlu memberikan informasi melalui pesan instan atau surel kepada pihak FKTP. Selain itu pihak FKTP juga tidak bisa mengakses atau memantau secara realtime status berkas klaim yang telah diserahkan. Maka diperlukan pengembangan sistem yang dapat membuat sistem terkoneksi secara daring serta dapat memberikan notifikasi dalam setiap proses. Sistem yang dikembangkan yaitu sistem pengajuan berkas klaim berbasis web dengan dilengkapi notifikasi bot Telegram. Sistem yang dibuat dapat diakses oleh pihak FKTP dan petugas arsip BPJS dapat melakukan validasi dan memberikan umpan balik berupa kesesuaian data yang diinputkan. Sistem ini diharapkan mampu memberikan kemudahan pengajuan berkas klaim dan meminimalkan terjadinya kesalahan data.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Andi Widiyanto, M.Kom. dan Setiya Nugroho, S.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Sistem pengajuan berkas, notifikasi, Bot telegram
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:27
Last Modified: 11 Oct 2022 06:27
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item View Item