UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MI MUHAMMADIYAH KRAMAT KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL

Arrifa'i, Abdullah Ma,sum (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MI MUHAMMADIYAH KRAMAT KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0401.0035_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Elsa Ternanda.pdf - Published Version

Download (605kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0035_COVER_BAB IV - Elsa Ternanda.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0035_Fulltext - Elsa Ternanda.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0035_COVER_LAMPIRAN - Elsa Ternanda.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0401.0035_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Elsa Ternanda.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABDULLOH MA’SUM ARRIFA’I: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pendidikan formal sangat perlu menguasai metode pembelajaran yang mudah diterima oleh siswa. Maka dengan demikian guru Pendidikan Agama Islam perlu meningkatkan kompetensi profesional secara teruus-menerus sehingga menjadi guru Pendidikan Agama Islam yang kompeten dan profesional. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kompetensi professional. (2) mendeskripsikan bagaimana faktor pendukung dan penghambat yang di alami guru Pendidikan Agama Islam. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Informan dalam penelitian ini adalah 3 guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi (2) wawancara terstruktur dan tidak terstruktur (3) dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian yang peneliti temukan adalah: (1) In-Service Education yang berupa melanjutkan Studi ke jenjang S1 bagi guru yang belum memenuhi kompetensi lulus S1. (2) InService Training yang berupa pelatihan atau diklat, penataran, workshop, seminar. (3) On-Service Training yang berupa kegiatan Kelompok Kerja Guru yang dilaksanakan setiap bulan sekali, dan memperbanyak membaca buku. Kemudian faktor pendukung dan penghambatnya adalah : Faktor pendukung dan faktor penghambat yang di alami oleh guru Pendidikan Agama Islam telah diperoleh lima faktor pendukung dan penghambat, diantaranya dua faktor pendukung yaitu; 1) peningkatan kinereja guru Pendidikan Agama Islam. 2) adanya semangat dan komitmen untuk selalu meningkatkan kompetensi profesional. Adapun faktor penghambat terdiri dari tiga faktor yaitu; 1) minimnya alokasi dana. 2) faktor usia. 3) keterbatasan waktu.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd. dan Istania Widayati H, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:25
Last Modified: 11 Oct 2022 06:25
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3527

Actions (login required)

View Item View Item