Kurniatanti, Navida (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH SRUMBUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0044_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (493kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0044_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0044_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0044_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0044_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (237kB) | Preview |
Abstract
NAVIDA KURNIATANTI: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di MTs Muhammadiyah Srumbung Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Sebelum terjadi pandemi covid-19 religiusitas siswa di MTs Muhammadiyah Srumbung cukup baik, hal ini dapat dilihat ketika sekolah menerapkan sholat dhuha, sholat dzuhur berjamaah dan tadarus Al-Qur’an di sekolah. Namun, ada sebagian anak yang di rumah tidak terbiasa melakukan ibadah ada saja alasan menghindari untuk tidak melaksanakan ibadah tersebut saat di sekolah, terlebih lagi pada masa pandemi covid-19 ini sehingga upaya guru dalam meningkatkan religiusitas siswa sangat diperlukan agar siswa terbiasa melaksanakan kewajiban ibadah dengan penuh kesadaran. Penelitian yang dilakukan di MTs Muhammadiyah Srumbung bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa pada masa pandemi covid-19 di MTs Muhammadiyah Srumbung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa pada masa pandemi covid-19 yaitu mengawali pembelajaran dengan membaca doa, pembiasan sholat dhuha di rumah, hafalan juz 30 (Juz Amma), budaya 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun), memberikan motivasi melalui flyer-flyer Islami, memperingati hari besar islam dan membagikan buku kontrol siswa. Adapun faktor pendukung yaitu komunikasi guru dan orang tua yang baik dan adanya bantuan kuota internet. Sedangkan faktor penghambat yaitu pengaruh negatif gedget dan sinyal internet kurang stabil.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 06:16 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 06:16 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3514 |
Actions (login required)
View Item |