IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KESULITAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 MAGELANG

YUSWANTI, DIANITA (2021) IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KESULITAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 MAGELANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG.

[img]
Preview
PDF (SKRIPSI)
16.0504.0148_BAB I_BAB II_BAB III_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA - Dianita Yuswanti.pdf - Published Version

Download (811kB) | Preview
[img] PDF (SKRIPSI)
16.0504.0148_BAB IV_BAB V - Dianita Yuswanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
16.0504.0148_FULLTEXT - Dianita Yuswanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
16.0504.0148_LAMPIRAN - Dianita Yuswanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
16.0504.0148_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan dan Konseling mencangkup kegiatan yang bersifat pencegahan, perbaikan, penyembuhan, pemeliharaan dan pengembangan. Dalam melakukan bimbingan konseling, Guru BK menemui beberapa kendala. Kendala yang dialami yaitu rasio guru BK dengan jumlah peserta didik yang tidak sesuai, data konseling yang diolah masih dilakukan secara konvensional dan belum ada kategori keputusan dalam menangani peserta didik yang bermasalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan sistem konseling berbasis web dengan tujuan memudahkan guru BK mencatat dan mengenali permasalahan peserta didiknya. Pada sistem konseling berbasis web tersebut diimplementasikan analisis menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) sebagai pendukung keputusan untuk menentukan prioritas peserta didik yang bermasalah. Dari hasil metode AHP didapatkan nilai prioritas kriteria Masalah Relasi Dengan Teman sebesar 45%, Masalah Perilaku sebesar 39%, Emotional Symptoms sebesar 10% dan Hyperactivity sebesar 6%. Sedangkan dari hasil perhitungan untuk prioritas peserta didik yang memerlukan perhatian khusus, terdapat siswa 1 dengan nilai 0,072 dan siswa 2 dengan nilai 0,058 yang lebih tinggi dibandingan dengan peserta didik lainnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Mukhtar Hanafi, S.T., M.Cs. dan Endah Ratna Arumi, S.T., M.Cs.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Analytic Hierarchy Process (AHP), Bimbingan Konseling.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:15
Last Modified: 11 Oct 2022 06:15
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3512

Actions (login required)

View Item View Item