PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VI SD N Salamkanci 1 Magelang Dalam Masa Pandemi Covid 19)

Yuniarto, Kharis Tri (2022) PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VI SD N Salamkanci 1 Magelang Dalam Masa Pandemi Covid 19). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0030_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0030_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0030_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0030_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0030_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

KHARIS TRI YUNIARTO: Pengaruh Peran Orang Tua dan Pengelolaan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar PAI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VI SD N Salamkanci 1 Magelang Dalam Masa Pandemi Covid 19). Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2021. Peran orang tua baik ayah maupun ibu terhadap pendidikan anak di rumah adalah penanam nilai-nilai agama ke dalam diri anak, yang kemudian ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar tujuan pendidikan dapat terwujud, diperlukan pengelolaan pembelajaran yang baik. Selain itu, faktor motivasi siswa sangat berpengaruh terhadap keberhasilan seorang guru dalam mendidik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar PAI, (2) Pengaruh pengelolaan pembelajaran guru PAI terhadap motivasi belajar PAI, (3) Pengaruh peran orang tua dan pengelolaan pembelajaran terhadap motivasi belajar PAI. Populasi dalam penelitian ini adalah 87 siswa dan 9 guru. pengembilan sampel 24 siswa kelas VI dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data statistik dapat diketahui : (1) Peran orang tua terhadap motivasi belajar PAI anak kelas VI SD Negeri Salamkanci 1 sebesar 0,0623 pada taraf signifikansi 0,01 ini menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap motivasi belajar berada pada kategori sedang. Pengelolaan pembelajaran terhadap motivasi belajar PAI yang terjadi di SD Negeri Salamkanci 1 sebesar 0,443 pada taraf signifikansi 0,05 ini menunujukkan bahwa pengelolaan pembelajaran terhadap motivasi belajar berada kategori sedang. (2) Pengelolaan pembelajaran terhadap motivasi belajar PAI yang terjadi di SD Negeri Salamkanci 1 sebesar 0,443 pada taraf signifikansi 0,05 ini menunujukkan bahwa pengelolaan pembelajaran terhadap motivasi belajar berada kategori sedang. (3) Peran orang tua (X1) dan pengelolaan pembelajaran (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar (Y), hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,005 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan pada hasil olah data penelitian ini, didapatkan persamaan regresi Y= a + b1X1 + b2X2 = 23,149 + (0,539) X1 + (0,065) X2. kemudian hasil dari pengujian, pengaruh peran orang tua dan pengelolaan pembelajaran terhadap motivasi belajar PAI memiliki koefisien determinasi sebesar 39,4%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd dan Subur, M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:11
Last Modified: 11 Oct 2022 06:11
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item