Markhati, Ervina Solikhatun (2022) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PATEN 1 MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0025_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (571kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0025_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0025_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0025_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0025_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
Abstract
ERVIANA SOLIKHATUN MARKHATI: Strategi Guru Kelas dalam Mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Paten 1 Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Guru Pendidikan Agama Islam saat ini mengalami banyak kekosongan dikarenakan belum adanya pengangkatan kembali oleh pemerintah. Banyak Sekolah Dasar yang mengalami kekosongan guru Pendidikan Agama Islam salah satunya SDN Paten 1 Magelang. Keberhasilan dalam pembelajaran tentu tidak terlepas dari strategi atau metode apa yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas dalam mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Paten 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru kelas I, V dan VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas menggunakan strategi pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) yaitu proses pembelajaran satu arah, artinya pembelajaran hanya berpusat pada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga hal tersebut memiliki dampak positif dan negatif bagi siswa, dampak positifnya siswa dapat dengan mudah memahami dan menerima materi yang disampaikan oleh guru, pengetahuan siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam juga bertambah, namun dampak negatifnya jika waktu pembelajaran dilaksanakan terlalu lama siswa merasa bosan dan mengantuk karena tidak ada aktifitas lain yang dilakukan selain hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru saja sehingga siswa menjadi pasif dan kurang kreatif. 2) Ada faktor penghambat dan pendukung guru kelas dalam mengajar mata pelajaran PAI, faktor penghambatnya dikarenakan siswanya yang terlalu sedikit dan fasilitas sekolah yang masih kurang memadai sehingga menyebabkan guru kelas terbatas dalam penggunaan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajarannya. Sedangkan faktor pendukungnya adalah karena proses pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi kacau semenjak tidak adanya guru PAI sehingga Kepala Sekolah memberikan kepercayaan kepada semua guru kelas bahwa semua guru kelas mampu mengajar mata pelajaran PAI, sehingga diambilah kesepakatan Bersama bahwa guru kelaslah yang mengmpu mata pelajaran PAI tersebut.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd dan Subur M.S.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 06:10 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 06:10 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3505 |
Actions (login required)
View Item |