PERAN GURU AGAMA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOROBUDUR MAGELANG

Aeni, Ulfa Nur (2022) PERAN GURU AGAMA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOROBUDUR MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0023_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0023_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0023_COVER_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0023_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0023_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORI.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

ULFA NUR AENI: Peran Guru Agama Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Pembelajaran Daring di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2021. Akhlak merupakan landasan terpenting dalam kehidupan manusia baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial. Akhlak akan membentuk pribadi manusia jadi yang lebih baik. Adanya peristiwa seperti pandemi mengakibatkan pembelajaran akhlak tidak berjalan secara maksimal. Selain mendapat pendidikan akhlak dari orang tua, guru agama ikut berperan dalam proses pembentukan akhlak siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru agama dalam membentuk akhlak siswa melalui pembelajaran daring di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran akhlak melalui pembelajaran daring tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti tentang peran guru agama dalam membentuk akhlak siswa melalui pembelajaran daring, dimana peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran guru agama di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur terealisasikan dengan baik, yaitu guru mendidik, mengajar, dan melatih siswa meski melalui pembelajaran daring. Adapun faktor pendukung dalam pembentukan akhlak siswa melalui pembelajaran daring ialah: (1) Guru yang mendidik, mengajar dan melatih siswa (2) Bantuan kuota belajar sejumlah 15 GB untuk setiap siswa dari Kemendikbud (3) Peranan orang tua yang memberikan motivasi dan dukungan kepada anak didik berupa dukungan moral maupun dukungan material, dan (4) Semangat siswa untuk belajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (1) Tidak adanya pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka (2) Rasa bosan dan jenuh siswa dalam kegiatan belajar (3) Orang tua yang kurang memperhatikan kegiatan persekolahan siswa di rumah dan (4) Koneksi internet yang tidak stabil

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M. Pd dan Istania Widayati Hidayati, M. Pd
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:09
Last Modified: 11 Oct 2022 06:09
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item