PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Magelang T.A. 2016/2017)

Intikani, Intikani (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Magelang T.A. 2016/2017). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0301.0018_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0018_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0018_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0301.0018_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok dengan strategi self regulated learning terhadap peningkatan motivasi belajar. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Magelang T.A. 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (konseling kelompok dengan strategi self regulated learning) dan 10 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan strategi self regulated learning berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skor skala motivasi belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana peningkatan pemahaman kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu peningkatan motivasi belajar siswa ditandai dengan perbedaan aspek dan indikator dari motivasi belajar.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. (0012096606) dan Nofi Nur Yuhenita, M.Psi., (0609118701)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, strategi self regulated learning, motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 16 Jul 2019 07:41
Last Modified: 16 Jul 2019 07:41
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item