IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VI MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2 SAWANGAN KAB MAGELANG

Zuliyana, Risma (2022) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VI MI MUHAMMADIYAH SURODADI 2 SAWANGAN KAB MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0021_Cover_BAB 1_BAB II_BAB III_BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0021_Cover_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
170401.00021_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0021_Cover_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0021_Cover_Pernyataan Unggah Repositori.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Risma Zuliyana: imlementasi penguatan pendidikan karakter berbasis kelas pada mata pelajaran pendidikan agama islam di mi muhammadiyah surodadi 2. Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2021. Pendidikan karakter menjadi hal penting yang perlu diterapkan guna membangun bangsa yang berkarakter. Pendidikan karakter sebenarnya sudah pernah diluncurkan sebagai gerakan nasional pada tahun 2010 oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Namun gema gerakan pendidikan karakter ini dirasa belum cukup kuat maka perlu digaungkan dan diperkuat kembali menjadi gerakan nasional yaitu Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap dimulai dari reduksi data, kategori dan unitifikasi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menerapkan 5 nilai penguatan pendidikan karakter (religius, nasionalis, integritas, gotong royong, mandiri) dengan cara menciptakan suasana belajar yang kondusif (piket kelas, guru memiliki kopetensi pedagogig, kepribadian, sosial dan profesional, melengkapi sarana prasarana), pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa yaitu metode ceramah bervariasi, pemodelan dan metode diskusi, serta dengan kegiatan rutin dan spontan. Adapun faktor penghambat yang di temukan yaitu kurangnya jam tatap muka antara guru dan siswa di sekolah, beberapa peserta didik masih ada yang pasif di kelas, guru tidak dapat mengamati psikomotorik siswa secara langsung dan faktor pendukung yaitu: seringnya guru memberi motivasi pada siswa, kerjasama yang baik antara guru dan orangtua, memberikan reward dan punishment pada siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs Mujahidun, M.Pd. dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:41
Last Modified: 11 Oct 2022 04:41
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3495

Actions (login required)

View Item View Item