Dyani, Ananda Amelinda Rizky (2022) EFEKTIVITAS MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MENGGUNAKAN GADGET TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA IQRO’ PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0019_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (384kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0019_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0019_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0019_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0019_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
ANANDA AMELINDA R D: Efektivitas Model Direct Instruction Dengan Menggunakan Gadget Terhadap Keterampilan Membaca Iqro’ Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang, Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. SD Muhammadiyah 1 Alternatif (MUTUAL) Kota Magelang sebagai salah satu Sekolah Dasar berbasis Islam telah menerapkan metode Iqro’ dalam mengembangkan keterampilan belajar membaca Al-Qur’an siswanya. Namun, pada tahun 2020 sejak ditetapkannya covid-19 sebagai wabah pandemi, penerapan metode Iqro’ dilakukan secara online dengan menerapkan model pembelajaran direct insrtuction. Penerapan pembelajaran jarak jauh dilakukan selama 8 bulan dimulai pada semester pertama tahun ajaran 2021/2022. Model tersebut dipilih karena cocok dengan metode Iqro’ serta media pembelajaran menggunakan gadget. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model direct instruction yang diterapkan dalam pembelajaran Iqro’ SD Mutual 1 Kota Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif sedangkan desain yang digunakan ialah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran direct instruction telah diterapkan secara keseluruhan dalam proses pembelajaran metode Iqro’ menggunakan gadget. Adapun efektivitas pembelajaran masih kurang memuaskan jika dilihat dari hasil belajar siswa. Pada pembelajaran luring seperti biasa, hanya 2 siswa di setiap kelompok yang tidak mampu mencapai target pembelajaran, sedangkan saat pembelajaran daring 3-4 siswa di setiap kelompok belum mampu mencapai target pembelajaran. Namun demikian, tahap-tahap untuk mencapai efektivitas telah dilakukan untuk mengusahakan hasil belajar yang baik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | M. Tohirin, M.Ag. dan Irham Nugroho, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 04:38 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 04:38 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3491 |
Actions (login required)
View Item |