Apriana, Rani Nur (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) PESERTA DIDIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0008_Cover_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (859kB) | Preview |
|
|
PDF
17.0401.0008_Cover_BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0008_Cover_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0008_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0008_Cover_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0008_Cover_Pernyataan Unggah Repositori - Rani Nur Apriana.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
Abstract
Rani Nur Apriana: Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Salah satu kunci keberhasilan individu tidak hanya terletak pada kecakapan ilmu pengetahuan dan keterampilan, namun juga pada karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program PPK, faktor penghambat dan pendukung, serta peran Guru PAI dalam Program PPK Peserta Didik selama pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui uji reliabilitas dan uji objektivitas. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan PPK di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan selama pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui tiga basis gerakan yaitu berbasis kelas melalui kegiatan belajar mengajar; berbasis budaya sekolah dengan menanamkan nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas; serta berbasis masyarakat melalui program PPTPA (Program Pendampingan TPA) dan praktek kesenian yang melibatkan masyarakat sekitar; (2) Faktor pendukung pelaksanaan PPK yaitu bantuan kuota internet dari pemerintah dan program layanan sekolah yang mendukung PPK, kesabaran dan komitmen Guru, kerja sama antar Guru dan kerja sama dengan wali murid. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu kendala sinyal internet, tidak adanya pembelajaran tatap muka dan penurunan motivasi belajar peserta didik; (3) Peran Guru PAI dalam pelaksanaan PPK sebagai pendidik yaitu inspirator atau teladan, motivator, informator dan organisator; pengajar mulai dari mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan penilaian pembelajaran; dan pembimbing mulai dari mengamati, mencatat tingkah laku peserta didik, dan memberikan arahan serta bimbingan kepada peserta didik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ibu Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd dan Bapak Subur, M.S.I, |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 04:25 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 04:25 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3477 |
Actions (login required)
View Item |