Wijayanti, Nur Hanifah (2022) NILAI - NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU TRIMURTI KARYA MUHAMMAD HUSEIN SANUSI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0025_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (563kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0025_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0025_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0025_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0025_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Hanifah Wijayanti.pdf - Published Version Download (294kB) | Preview |
Abstract
NUR HANIFAH WIJAYANTI: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku Trimurti Karya Muhammad Husein Sanusi. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Pendidikan Akhlak adalah usaha yang disadari dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik untuk membentuk tabiat yang baik kepada peserta didik sehingga terbentuk manusia yang sempurna yaitu manusia yang taat kepada Allah. Dalam membentuk akhlak peserta didik, pendidik dapat menggunakan media pembelajaran ketika mengajar, salah satu media pembelajaran yang mengandung nilai-nilai akhlak adalah Buku Trimurti karya Muhammad Husein Sanusi yang dapat menjadi salah satu bahan referensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam buku Trimurti melalui perjalanan hidup, pesan moral, perilaku, serta karakter dari tokoh-tokoh di dalam cerita dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam, terlebih mengenai indikator sebagai pendidik Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dimana peneliti menggunakan metode analisis isi (content analysis) dan dokumentasi dari data primer serta data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Trimurti ada 4 yaitu 1) akhlak terhadap Allah SWT, terdiri dari: zikrullah, berdo‟a kepada Allah, bersyukur, ikhlas, dan mencintai ilmu Allah. 2) akhlak terhadap diri sendiri, meliputi: kemandirian, kesederhanaan, bertanggung jawab. 3) akhlak terhadap keluarga, meliputi: birrul walidain, kewajiban dan kasih sayang suami istri, tanggung jawab orang tua terhadap anak, dan 4) akhlak terhadap masyarakat yang meliputi: hormat dan patuh kepada guru, memuliakan tamu, tolong menolong, saling menyayangi, dan amar ma‟ruf nahi munkar. Nilai pendidikan akhlak dalam buku Trimurti relevan atau berhubungan dengan nilainilai dasar dalam pembentukan pribadi muslim. Nilai-nilai tersebut dapat dikembangkan dalam praktek pendidikan dan pengembangan pendidikan Islam.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd. dan Istania Widayati H, M.Pd.I. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 04:16 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 04:16 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3463 |
Actions (login required)
View Item |