Isnaningsih, Dhuca (2022) MANAJEMEN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-IMAN MUNTILAN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0050_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0050_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0050_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0401.0050_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0401.0050_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (371kB) | Preview |
Abstract
DHUCHA ISNANINGSIH: Manajemen Kurikulum di Pondok Pesantren Islam Al-Iman Muntilan Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Kedudukan kurikulum memiliki peran sebagai penunjuk arah atau jalan dalam mewujudkan cita-cita pendidikan. Dalam pentingnya kurikulum dalam pendidikan, maka perlu dilaksanakan manajemen kurikulum untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, efisien dan optimal dalam memberdayakan berbagai sumber maupun komponen dalam kurikulum sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pesantren sebagai lembaga pendidikan, konsep kurikulum yang digunakan dalam pesantren tidak hanya mengacu kepada pengertian kurikulum sebagai materi semata-mata, malainkan jauh lebih luas dari itu, yakni menyangkut keseluruhan pengalaman belajar santri yang masih berada dalam tanggung jawab pesantren, sehingga misi dan cita-cita pesantren dapat berperan dalam pembangunan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum di Pondok Pesantren Islam Al-Iman Muntilan serta faktor pendukung dan penghambat manajemen kurikulum di Pondok Pesantren Islam Al-Iman Muntilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif (descriptive). Metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Pondok Pesantren Islam Al-Iman menggunakan kurikulum terpadu yakni mengkombinasikan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah (KMI), kurikulum pemerintah (Kementrian Agama) dengan kurikulum Muatan Lokal pondok pesantren. Pondok Pesantren Islam Al-Iman untuk mewujudkan lembaga yang berkualitas, memerlukan faktor pendukung dan perlu mempertimbangkan faktor penghambatnya. Faktor pendukung dalam pengelolaan kurikulum tersedianaya fasilitas sarana dan prasarana, tenaga pendidik yang profesional yang mengampu mata pelajaran sesuai dengan bidangnya, terjadinya komunikasi dan koordinasi yang baik antar semua komponen pengelola madrasah. Sedangkan faktor penghambat dalam pengelolaan kurikulum pengurangan alokasi waktu pembelajaran, teknik penilaian dan pengisian raport dengan aplikasi raport digital masih membingungkan sebagian guru, dan keterbatasan kemampuan santri dalam memahami materi berbahasa Arab.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd, dan Istania Hidayati Widayati, M.Pd.I, |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 04:16 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 04:16 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3462 |
Actions (login required)
View Item |