IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI di SD/MI MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANDONGAN)

Zulaikhah, Anik (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI di SD/MI MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANDONGAN). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0069_COVER_BAB I_BAB II_ BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0069_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0069_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0069_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0069_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSTORY.pdf - Published Version

Download (649kB) | Preview

Abstract

Implementasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 (Studi di SD/MI Muhammadiyah Kecamatan Bandongan). Skripsi Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Salah satu komponen yang berpengaruh dalam pendidikan adalah proses pembelajaran. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Namun hal ini semuanya telah berubah semenjak munculnya wabah penyakit covid 19. Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 menjadikan beberapa pemerintah daerah memutuskan menerapkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan mulai menerapkan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SD/MI Muhammadiyah Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 4 sekolah, 3 MI dan 1 SD. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 pada mata pelajaran PAI pada SD/MI Muhammadiyah Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang, menggunakan media WA group, video call dan zoom. Pembelajaran daring dapat berjalan walaupun ditemukan kekurangan di banyak hal. Faktor pendukung dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 pada mata pelajaran PAI SD/MI Muhammadiyah di Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang terdiri dari tiga komponen meliputi: 1) hardware (perangkat keras) seperti handphone, laptop dan computer. 2) software (perangkat lunak) aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran seperti whatsapp, zoom. 3) operator yang menjalankan suatu aplikasi jika di pembelajaran daring operator tersebut ialah guru dan siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 pada mata pelajaran PAI di SD/MI Muhammadiyah di Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang yang utama terjadi ialah masih adanya siswa kelas rendah yang belum bisa membaca sehingga menyulitkan proses pembelajaran, masih ada siswa yang tidak memiliki handphone, keterbatasan kuota internet untuk mengakses whatsapp, serta orang tua yang bekerja sehingga tidak bisa membimbing anaknya dalam pembelajaran daring.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd dan Irham Nugroho, M.Pd.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:15
Last Modified: 11 Oct 2022 04:15
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3461

Actions (login required)

View Item View Item