OPTIMALISASI PEMBINAAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH PADA SEKOLAH DAN MADRASAH (Studi Kasus Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Secang Tahun 2021)

Mukhtar, Halim (2022) OPTIMALISASI PEMBINAAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH PADA SEKOLAH DAN MADRASAH (Studi Kasus Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Secang Tahun 2021). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0066_Cover_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (903kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0066_Cover_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0066_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0066_Cover_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0066_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Halim Mukhtar: Optimalisasi Pembinaan Ideologi Muhammadiyah Pada Sekolah dan Madrasah (Studi Kasus Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Secang Tahun 2021). Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan serta bentuk pembinaan ideologi muhammadiyah di sekolah atau madrasah di bawah naungan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PCM Secang . Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis atau interpretasi data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dalam mengecek keabsahan data peneliti melakukan tiga kegiatan, yaitu: credibility (kredibilitas), dependability (dependabilitas) dan confirmability (konfirmabilitas). Hasil dari penelitian ini adalah Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PCM Secang dalam menjalankan fungsinya khususnya pembinaan ideologi Muhammadiyah telah berjalan baik. Pertama, Majelis Dikdasmen PCM Secang, dalam penyelenggaraan pembinaan ideologi Muhammadiyah, dilakukan dalam lima macam bentuk pembinaan: (1) pembinaan Keislaman dengan cara melalui mata pelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Tapak Suci, Hizbul Wathan, pembiasaan serta pemberian contoh; (2) pembinaan Jiwa Persarikatan dengan cara pengajian, kajian rutin dan mengenalkan lagu-lagu Muhammadiyah seperti sang surya dan lagu lainnya; (3) pembinaan keilmuan dan wawasan dengan cara diklat, pelatihan seperti BA, dll dan mengikuti berbagai agenda perlombaan, seperti Guru Berprestasi, CCI, Qiraah, dll; (4) pembinaan kepemimpinan dan manajemen dengan cara sistem klasikal yaitu dengan memangil serta membuat forum kepala sekolah (MKKS) di tingkat kecamatan; (5) pembianaan ideologi penguasaan teknologi, informasi dan keilmuan dengan cara pelatihan guru seperti MGMP, Pertemuan rutin selapanan, dll. Kedua, Bentuk penyelenggaraannya dilalui dalam tiga macam bentuk pendidikan yaitu kegiatan pendidikan formal, upgrading dan training serta informal.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Nurodin Usman, Lc., MA. dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:13
Last Modified: 11 Oct 2022 04:13
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item