Febriyanti, Rika (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERILAKU BELAJAR PAI DI SD MUHAMMADIYAH SIROJUDDIN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0401.0030_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0401.0030_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0401.0030_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0401.0030_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0401.0030_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORI - rika febry.pdf - Published Version Download (242kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK RIKA FEBRIYANTI: Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Belajar PAI di SD Muhammadiyah Sirojuddin Mungkid. Skripsi. Magelang : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap perilaku belajar PAI di SD Muhammadiyah Sirojuddin Mungkid. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Muhammadiyah Sirojuddin Mungkid sebanyak 456 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas V (lima) yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap perilaku belajar PAI di SD Muhammadiyah Sirojuddin Mungkid menggunakan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku belajar PAI. Hal tersebut berdasarkan nilai koefisien regresi sebesar 0.394 dengan tingkat probabilitas 0.025 lebih kecil dari taraf signifikan 0.05, serta besaran kontribusi variabel lingkungan keluarga terhadap perilaku belajar PAI adalah sebesar 77.96%. 2) Lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku belajar PAI. Hal tersebut berdasarkan nilai koefisien regresi sebesar 0.645 dengan tingkat probabilitas 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan 0.05, serta besaran kontribusi variabel lingkungan sekolah terhadap perilaku belajar PAI adalah sebesar 85.56%. 3) Lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara bersamaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar PAI. Hal tersebut berdasarkan nilai Fhitung sebesar 85.588 dengan tingkat probabilitas 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan 0.05, serta besar koefisien determinasi sebesar 88.6%, sedangkan sisanya 11.4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 04:13 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 04:13 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3459 |
Actions (login required)
View Item |