PENERAPAN ASAS ITIKAD BAIK DALAM TRANSAKSI ONLINE SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN

PAWESTRI, ROS (2021) PENERAPAN ASAS ITIKAD BAIK DALAM TRANSAKSI ONLINE SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (SKRIPSI)
16.0201.0055_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (SKRIPSI)
16.0201.0055_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
16.0201.0055_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
16.0201.0055_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
16.0201.0055_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Asas itikad baik adalah salah satu upaya memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi online. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganilisis penerapan asas itikad baik, dan perlindungan hukumnya jika konsumen dirugikan dalam transaksi melaui online. Penelitian ini diharapkan dapat memberi tambahan pemikiran bagi semua pihak yang terlibat dalam transaksi melalui online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis normative, dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan asas itikad baik oleh pelaku usaha dalam transaksi melalui online merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus dilaksanakan oleh para pihak yang terkait, agar tidak ada pihak yang ditugikan. Hal ini karena itikad baik merupakan dasar pelaku usaha untuk melakukan sebuah perjanjian untuk meminimalisir kerugian bagi konsumen. Kenyataan di dalam prakteknya masih banyak konsumen yang dirugikan oleh pelaku usaha. Perlindungan hukum terhadap konsumen didasarkan pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, yaitu apa saja hak dan kewajiban pelaku usaha dan kosumen dan bagaimana ketentuan tentang transaksi online untuk melindungi kepentingan para pihak. Upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen bias mengajukan secara litigasi dan non litigasi.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Heniyatun, S.H.,MHum dan Puji Sulistyaningsih, S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: itikad baik, transaksi online, perlindungan konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:03
Last Modified: 11 Oct 2022 04:03
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3449

Actions (login required)

View Item View Item