TEKNIK SOSIODRAMA MELALUI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas VII. E SMP N 4 Temanggung)

Adi, Nugroho Seno (2017) TEKNIK SOSIODRAMA MELALUI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas VII. E SMP N 4 Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
11.0304.0058 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0058 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0058 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0058 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri .siswa kelas VII.E SMP N 4 Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan menggunakan beberapa siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah delapan orang siswa yang memiliki indicator rendah diri.Variabel yang diteliti ada tiga, yaitu :variable input, berupa akibat konsep diri rendah pada siswa; variabel proses berupa penerapan teknik sosiodrama melalui konseling kelomok ; dan variable output, berupa hasil pemberian teknik sosiodrama melalui layanan konseling kelompok yang berupa meningkatkan konsep diri pada siswa. Metode pengumplan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah ,observasi dan wawancara. ` intrumens yang digunakan yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Sering pesimis degan prestasinya. Data yang di peroleh di analisis dengan teknik analisis persentase konstan. Persentase perubahan frekuensi munculnya indikator yang diamati diharapkan mencapai 60%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik sosiodrama melalui konseling kelompok dapat di aplikasikan untuk meningkatkan konsep diri rendah pada siswa, hal ini di buktikan meningkatkanya konsep diri siswa setelah diberi tindakan dalam beberapa tahapan siklus .hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi meningkatan konsep diri dari kedelapan objek ini rata – rata prensentasinya adalah 64 % .

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna M.Si (0012045601) dan Sugiyadi, M.Pd., Kons. (0627057501)
Uncontrolled Keywords: Sosiodrama , Konseling Kelompok, Konsep Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:45
Last Modified: 10 Jul 2019 03:45
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item