HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR (Penelitian pada Siswa SMP Muhammadiyah Bandongan 2017)

Wibowo, Setyo Adi (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR (Penelitian pada Siswa SMP Muhammadiyah Bandongan 2017). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
11.0301.0050_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
11.0301.0050_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
11.0301.0050_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
11.0301.0050_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan cara belajar dengan prestasi belajar di SMP Muhammadiyah Bandongan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Variabel yang di teliti ada tiga yaitu variabel motivasi, variabel cara belajar dan variabel prestasi belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket untuk mengumpulkan data motivasi berprestasi dan cara belajar siswa. Untuk mengetahui korelasi antara tiga variabel maka penelitian menggunakan cara analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 16.0. Aspek yang dijadikan indikator dalam motivasi berprestasi untuk diteliti yaitu (1) Orientasi Keberhasilan, (2) Analisa Kegagalan, (3) Inovasi, (4) Tanggung Jawab, sedangkan aspek yang dijadikan indikator dalam cara belajar siswa untuk diteliti adalah (1) Intrinsik, (2) Ekstrinsik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa di sekolah. Diketahui bahwa nilai sig. Motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa lebih besar dari nilai r tabel dan nilai koefisien korelasi kurang dari nilai r tabel maka ada hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa di sekolah. Terdapat hubungan positif antara cara belajar dan prestasi belajar siswa di sekolah. Diketahui bahwa nilai sig. kurang dari nilai r tabel dan nilai koefisien korelasi lebih besar dari nilai r tabel. Adanya hubungan antara motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap prestasi belajar. Diketahui bahwa nilai sig. antara motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap prestasi belajar di sekolah lebih besar dari nilai r tabel dan nilai korelasi lebih besar dari nilai r tabel maka ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dan cara belajar dengan prestasi belajar siswa di sekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto M.Pd (0007085701) dan Sugiyadi, M.Pd, Kons, (0627057501)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berprestasi, Cara Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:11
Last Modified: 24 Jul 2019 02:11
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item