IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN TEMANGGUNG MELALUI APLIKASI TEMANGGUNG GANDEM POL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG

Solekha, Dwi Mahella (2021) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN TEMANGGUNG MELALUI APLIKASI TEMANGGUNG GANDEM POL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0201.0061_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (709kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0201.0061_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0201.0061_FULL TEXT - Dwi Mahella.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.02021.0061_LAMPIRAN - Dwi Mahella.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0201.0061_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORY - Dwi Mahella.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik ramai diperbincangkan semenjak diberlakukannya otonomi daerah, ia menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan otonomi daerah. Hal ini tentu tidak bisa dipisahkan dengan peran pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat. Penyelenggaraan pelayanan publik hendaknya berorientasi pada pengguna layanan, yang lebih memprioritaskan kebutuhan dan kepentingan pengguna layanan sebagai dasar pertimbangan utama. Dengan demikian kualitas pelayanan publik akan lebih tepat sasaran, sehingga upaya untuk meminimalisir kesenjangan sosial antara penyedia layanan yakni organisasi/pemerintah dengan masyarakat bisa dicapai. Indonesia sebagai negara berkembang oleh penyelenggara pemerintahannya diarahkan untuk melakukan percepatan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, dan kekhasan suatu daerah dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mengupayakan peningkatan pelayanan yang cepat, efektif, efesien, dan nyaman kepada masyarakat, itulah yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, suatu produk hukum yang dibuat demi terciptanya pola pemerintahan yang baik, efesien, dan efektif untuk memberikan pelayanan kepada publik. Pelayanan kependudukan merupakan salah satu pelayanan prioritas di Indonesia yang dipandang perlu adanya penataan pada manajemen pelayanannya, penataan tersebut ditujukan agar dapat mencapai perubahan pada tatanan pengadministrasian dan pada pemberian pelayanan, adanya perbaikan pada efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta untuk mengatasi ketidakpastian dan perubahan yang cepat saat ini. Inovasi atau pembaharuan dalam pelayanan kependudukan sangat diperlukan karena mengingat banyaknya masalah yang dialami pada pelayanan kependudukan. Melihat kondisi saat ini dimana banyak sekali fasilitas penunjang yang tersedia untuk melakukan pembaharuan di tubuh birokrasi. Maka pemerintah daerah diberbagai wilayah di Indonesia berupaya untuk melakukan pembaharuan melalui inovasi dalam pelayanan publik khususnya pada pelayanan kependudukan yang merupakan wewenang dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Berdasarkan peraturan daerah nomor 9 tahun 2019 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan melalui aplikasi Temanggung Gandem Pol di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung Pasal 63D ayat (b) menyebutkan bahwa “layanan administrasi dilakukan secara daring”. Akan tetapi, di dalam kenyataannya pemohon offline lebih banyak daripada pemohon online melalui Temanggung Gandem Pol. Maka peneliti menarik rumusan masalah Implementasi peraturan daerah nomor 9 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan di kabupaten temanggung di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten temanggung serta faktor pendorong dan kendala yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung dalam melalukan sistem aplikasi temanggung gandem pol di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten temanggung. Hasil penelitiannya yaitu implementasinya belum cukup memuaskan dibuktikan dengan jumlah pemohon offline lebih banyak banyak daripada pemohon online, adapun faktor pendorong dari inovasi pelayanan publik temanggung gandem pol di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten temanggung yaitu lahirnya peraturan pemerintah dalam negeri Nomor 7 tahun 2019 Menurut Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Secara Daring menimbang “bahwa untuk membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien perlu mengembangkan sistem pelayanan administrasi kependudukan yang baru”, Peraturan menteri dalam negeri Nomor 19 Tahun 2018 tentang peningkatan layanan administrasi kependudukan. Serta Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Temanggung. Kendala yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten temanggung dalam melakukan sistem administrasi online temanggung gandem pol adalah sistem aplikasi temanggung gandem pol masih sering error serta pemohon di usia rentan lebih memilih untuk melakukan pelayanan administrasi secara offline karena mengalami gagap teknologi. Adapun kendala yang lain yaitu fitur temanggung gandem pol belum menyediakan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) sehingga pemohon harus datang langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Dyah Adriantini Sintha Dewi, SH., M.Hum dan Suharso, SH, MH
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Inovasi, Pelayanan Publik
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:19
Last Modified: 11 Oct 2022 03:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item