Zainudin, Muhammad (2017) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG BAHAYA PERILAKU AGRESIF (Penelitian pada Siswa Kelas VII-A SMP Islam Al Mujtaba Kabupaten Klaten). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
10.0301.0075 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (536kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
10.0301.0075 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
10.0301.0075 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
10.0301.0075 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan pemahaman tentang bahaya perilaku agresif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain pretes dan posttes Kelompok Tunggal (design one group pretes-posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Islam Al Mujtaba sebanyak 22 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang memiliki pengetahuan rendah tentang bahaya perilaku agresif yaitu sebanyak 8 anak. Teknik sampling yang dipilih ialah purposive sampling. Variabel yang digunakan meliputi variabel bebas berupa tindakan bimbingan kelompok dan variabel terikat yaitu pemahaman bahaya perilaku agresif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini yaitu teknik analisis data statistik non parametric Wilcoxon test. Kesimpulan hasil penelitian membuktikan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh secara positif terhadap peningkatan pemahaman tentang bahaya perilaku agresif pada siswa SMP Islam Al Mujtaba, dengan bukti wilcoxon test diperoleh nilai Z hitung sebesar -2,524 dan nilai probabilitas 0,012< 0,05. Berarti bahwa ada perbedaan signifikan antara pemahaman bahaya perilaku agresif pada siswa antara sebelum dan setelah diberikan tindakan bimbingan kelompok. Sebelum diberikan tindakan bimbingan kelompok, pemahaman tentang bahaya perilaku agresif dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 129,5. Setelah diberikan diberikan tindakan bimbingan kelompok, pemahaman siswa tentang bahaya perilaku agresif meningkat menjadi kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 239,5. Rata-rata peningkatan pemahaman bahaya perilaku agresif sebesar 38,2% dengan nilai peningkatan terendah sebesar 34,4% dan peningkatan tertinggi mencapai 43,4%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.Kons. (0002086001) dan Drs. Tawil, M.Pd.Kons (0008015701) |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Bahaya Perilaku Agresif. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 02:39 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 02:39 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/338 |
Actions (login required)
View Item |