Susanti, Nok (2021) EFEKTIVITAS PERMAINAN EGRANG PINTAR UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN ( Penelitian di Kelompok B1 TK Aisyiyah Pembina Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0304.0007_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Nok Susanti.pdf - Published Version Download (730kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0304.0007_BAB IV - Nok Susanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0304.0007_LAMPIRAN - Nok Susanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0304.0007_FULLTEXT - Nok Susanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0304.0007_PERNYATAAN PUBLIKASI - Nok Susanti.pdf - Published Version Download (293kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman konsep bilangan pada anak melalui permainan egrang pintar pada kelompok B1 TK Aisyiyah Pembina Kecamatan Bandongan Kabupatan Magelang Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B1 berjumlah 4 anak. Obyek penelitian ini adalah pemahaman konsep bilangan melalui permainan egrang pintar. Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Pembina Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Waktu pelaksanaan dilakukan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Identifikasi variabel penelitian yaitu variabel input pemahaman konsep bilangan yang rendah dan variabel proses melalui permainan egrang pintar dan variabel output meningkatnya pemahaman konsep bilangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (lembar observasi) dan wawancara (lembar wawancara). Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila pemahaman konsep bilangan anak telah meningkat mencapai 60%. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan egrang pintar pada kelompok B1 TK Aisyiyah Pembina Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil meningkatnya pemahaman konsep bilangan yaitu DF mengalami perubahan Siklus I 32,65% menjadi 62,5% pada akhir Siklus II, SY mengalami perubahan Siklus I 31,03% menjadi 61,16% pada akhir Siklus II, DS mengalami perubahan Siklus I 38,29% menjadi 61,17% pada akhir Siklus II dan SQ mengalami perubahan Siklus I 40% menjadi 62,5% pada akhir Siklus II . Berdasarkan prosentase perubahan tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui permainan egrang pintar efektif untuk mengembangkan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Pembina Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M. Si. dan Khusnul Laely, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Permainan Egrang Pintar, Kemampuan Konsep Bilangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:45 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:45 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3317 |
Actions (login required)
View Item |