Arifani, Febyana (2021) EFEKTIVITAS PERMAINAN BINGO HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALPHABET PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN ( Penelitian pada Siswa Kelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Trunan Kelurahan Tidar Selatan Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang Tahun Ajaran 2020/2021 ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0304.0006_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - febyana arifani.pdf - Published Version Download (567kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0304.0006_BAB IV - febyana arifani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
||
PDF
15.0304.0006_LAMPIRAN - febyana arifani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0304.0006_FULLTEXT - febyana arifani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0304.0006_PERNYATAAN PUBLIKASI - febyana arifani.pdf - Published Version Download (260kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf alphabet anak melalui permainan bingo huruf pada siswa kelompok B TK Aisyiah Bustanul Athfal 3 Trunan Kelurahan Tidar Selatan Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 6 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B2 berjumlah 7 siswa. Obyek penelitian ini adalah kemampuan mengenal huruf alphabet melalui permainan bingo huruf. penelitian dilakukan di TK Aisyiah Bustanul Athfal 3 Trunan Kelurahan Tidar Selatan Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang. Waktu pelaksanaan dilakukan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Identifikasi variabel penelitian yaitu variabel input kemampuan mengenal huruf alphabet yang rendah dan variabel proses melalui permainan bingo huruf dan variabel output meningkatnya kemampuan mengenal huruf alphabet. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (lembar observasi) dan unjuk kerja (lembar unjuk kerja). Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila hasil presentase yang diperoleh secara klasikal menunjukan 60%. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf alphabet melalui permainan bingo huruf pada anak kelompok B di TK Aisyiah Bustanul Athfl 3 Trunan Kelurahan Tidar Selatan Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi yaitu perubahan dari Siklus I sebesar 35,71 % menjadi 87,85 % dan hasil kemampuan siswa mengenal huruf melalui unjuk kerja yaitu dari 45,87 % menjadi 79,67 %. Berdasarkan prosentase perubahan tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui permainan bingo huruf efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada siswa kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Trunan Kelurahan Tidar Selatan Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons. dan Febru Puji Astuti, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Permainan Bingo Huruf, Kemampuan mengenal huruf |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:42 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:42 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3316 |
Actions (login required)
View Item |