Sari, Yunita (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR DALAM BENTUK SOAL CERITA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA PAPAN TAFSIR CERITA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kowangan Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0128_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - yunita sari.pdf - Published Version Download (626kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0128_BAB IV - yunita sari.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0128_LAMPIRAN - yunita sari.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0128_FULLTEXT - yunita sari.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0128_PERNYATAAN PUBLIKASI - yunita sari.pdf - Published Version Download (357kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar dalam bentuk soal cerita melalui penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media pembelajaran papan tafsir cerita pada siswa kelas IV SD Negeri Kowangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa pada kelas IV SD Negeri Kowangan 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes dan observasi. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif presentase yang berupa hasil dari nilai belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar dalam bentuk soal cerita yang disajikan dalam bentuk angka untuk mencari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilaksanakan adalah penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media papan tafsir cerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar dalam bentuk soal cerita pada siswa kelas IV SD Negeri Kowangan, dibuktikan dengan hasil nilai Pra siklus yang didapatkan presentase kelulusan sebesar 20%, presentase ketuntasan meningkat menjadi 48% pada siklus satu dan meningkat menjadi 76% pada siklus dua. Kenaikan presentase kelulusan KKM pada kegiatan penilaian pra siklus hingga evaluasi siklus dua setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media papan tafsir cerita yaitu sebesar 56%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd, dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Langsung, Media Papan Tafsir Cerita, Soal Cerita |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:37 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3312 |
Actions (login required)
View Item |