Atmaja, Wanista Nur (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS SISWA KELAS V SDN MERTOYUDAN 1 MAGELANG). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0069_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Wanista Atmaja.pdf - Published Version Download (517kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0069_BAB IV - Wanista Atmaja.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0069_LAMPIRAN - Wanista Atmaja.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (863kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0069_FULLTEXT - Wanista Atmaja.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
150305.0069_PERNYATAAN PUBLIKASI - Wanista Atmaja.pdf - Published Version Download (119kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran daring di SD Negeri Mertoyudan 1 Magelang. Mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali kelas V, dan siswa kelas V. Tehnik pegumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan impelementasi pendidikan karakter pada pembelajaran daring di SD Negeri Mertoyudan 1 dilakukan dengan cara memasukkan pendidikan karakter ke dalam kurikulum sekolah dan tata tertib sekolah kemudian di sosialisasikan kepada warga sekolah. 2) Pelaksanaan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran daring di SD Negeri Mertoyudan 1 dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam progam pengembangan diri, mata pelajaran dan budaya sekolah. Pengitegrasian nilai-nilai karakter dalam program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan dan pengkondisian. Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam budaya sekolah meliputi kegiatan kelas dan sekolah. 3) Evaluasi implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran daring di SD Negeri Mertoyudan 1 dilakukan dengan melakukan penilaian sikap pada siswa untuk kemudian dibahas permasalahan bersama saat rapat bersama guru dan kepala sekolah serta melibatkan wali siswa apabila diperlukan. Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran daring adalah memperoleh dukungan dari beberapa pihak, yaitu orang tua siswa, masyarakat dan Kemenag. Faktor penghambat atau kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran daring adalah keadaan lingkungan rumah atau pola asuh orang tua. Kendala yang dihadapi guru ada pada siswa yang memiliki berbagai karakter, berbagai parenting, dan berbagai lingkungan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ari Suryawan, M.Pd dan Rasidi M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:36 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:36 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3311 |
Actions (login required)
View Item |