Haryati, Uci Minar (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA (Penelitian pada 20 Siswa Kelas IV Desa Donorojo Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0007_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - uci minar hayati.pdf - Published Version Download (704kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0007_BAB IV - uci minar hayati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0007_LAMPIRAN - uci minar hayati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0007_FULLTEXT - uci minar hayati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0007_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - uci minar hayati.pdf - Published Version Download (456kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Konstruktivistik berbantuan Powerpoint Interaktif terhadap Minat Membaca Siswa Kelas IV SD N Donorojo Desa Donorojo Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket yang berjumlah 30 butir yang sudah diuji tingkat kevalidtannya dengan reliabilitasnya. Uji validitas butir angket menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach's Alpha dengan bantuan IBM Statistic SPSS 25.00. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Tes berbantuan IBM Statistic SPSS 25.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran konstruktivistik berbantuan Powerpoint interaktif berpengaruh terhadap minat membaca siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Wilcoxon diperoleh hasil Zhitung 3,698 > Ztabel 0,979 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata minat membaca antara rata-rata posttest sebesar 78,3 dan rata-rata pretest sebesar 67. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran konstruktivistik berbantuan powerpoint interaktif berpengaruh positif terhadap minat membaca siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si dan Rasidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Konstruktivistik, Minat Membaca, Powerpoint Interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:33 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:33 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3310 |
Actions (login required)
View Item |