Nisa, Risye Insiamaufida Choirul (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA TIRAI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV di Kelurahan Kedungsari Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0090_Bab I_Bab II_Bab III_Bab V_Daftar Pustaka - Risye Insiamaufida.pdf - Published Version Download (529kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.03005.0090_BAB IV - Risye Insiamaufida.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0090_LAMPIRAN - Risye Insiamaufida.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0090_Fulltext - Risye Insiamaufida.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.03005.0090_Peryataan Unggah Repository - Risye Insiamaufida.pdf - Published Version Download (279kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) berbantuan Media Tirai Pecahan terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Kedungsari kecamatan Utara Kota Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Grup Pretest Posttest. Variabel bebas penelitian yaitu model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Tirai Pecahan sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar Matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD di Kelurahan Kedungsari yang berjumlah 13 anak. Teknik Sampling yang digunakan adalah Sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Sedangkan analisis data penelitian Uji Normalitas menggunakan Uji Parametrik dengan T Test Shapiro Wilk dan Uji Hipotesis menggunakan Statistik Non Parametric dengan menggunakan Uji Wilcoxson dengan bantuan program IBM SPSS versi 16.00 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatnya nilai rata-rata Posttest setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) dibandingkan nilai rata-rata Pretest. Berdasarkan analisis diperoleh nilai signifikan 0,000. Nilai Sig 0,000 <0,05 dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) berbantuan media Tirai Pecahan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar Matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Rasidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Tirai Pecahan, Hasil Belajar Matematika, Students Team Achievement Division |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:24 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:24 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3305 |
Actions (login required)
View Item |