Hervian, Puput Ajeng Rizqi (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN EDUTAIMENT BERBANTUAN MEDIA MATCH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD di Desa Telaga Mukti, Jurang, Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0014_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_Daftar Pustaka. - Dwiky Maya.pdf - Published Version Download (783kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0014_BAB IV - Dwiky Maya.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0014_LAMPIRAN-1 - Dwiky Maya.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0014_Fulltext PDF - Dwiky Maya.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0014_Pernyataan Unggah Respository-dikonversi - Dwiky Maya.pdf - Published Version Download (236kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Edutaiment berbantuan Media Match Card terhadap Hasil Belajar Matematika pada 6 siswa kelas IV di Desa Telaga Mukti, Jurang, Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Telaga Mukti, Jurang, Temanggung. Sempel penelitian diambil secara keseluruhan sari populasi atau menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes yang mengukur pemahaman siswa terkait materi bangun datar. Uji validitas instrumen dilakukan oleh ahli dan diujikan secara statistik dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistics 21 begitu juga dengan uji reliabilitas. Uji Prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik statistik yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Edutaiment berbantuan Media Match Card pada 6 siswa kelas IV di Desa Telaga Mukti, Jurang, Temanggung. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Sig (2 tailed) menunjukkanhasil sebesar 0,004. Nilai signifikansi 0,004 < 0,05 yang berarti model pembelajaran Edutaiment berbantuan Media Match Card berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Drs. Tawil, M.Pd., Kons dan Putri Meinita Triana, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Edutaiment, media, match card, hasil belajar, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:20 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:20 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3302 |
Actions (login required)
View Item |