PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA BIANGLALA TOYS BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV Desa Ketawangrejo Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo)

Nurfitriyanti, Nurfitriyanti (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA BIANGLALA TOYS BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV Desa Ketawangrejo Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0036_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_Daftar Pustaka - Nurfitriyanti 499.pdf - Published Version

Download (856kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0036_BAB IV - Nurfitriyanti 499.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0036_Lampiran - Nurfitriyanti 499.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0036_Fulltext - Nurfitriyanti 499.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0036_Pernyataan Unggah Repositori - Nurfitriyanti 499.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Bianglala Toys Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV Desa Ketawangrejo Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan model One Grup Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes ini digunakan untuk menguji sejauh mana siswa mengalami perubahan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Paired Sample t-test dengan berbantuan program IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. sebesar 0,001 dan lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 dan t skor sebesar -11.515. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest yaitu nilai rata-rata pretest 68, sedangkan rata-rata nilai posttest 75. Sehingga hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Bianglala Toys Bangun Datar berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Arif Wiyat Purnanto, M.Pd dan Dhuta Sukmarani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:19
Last Modified: 16 Nov 2021 03:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3301

Actions (login required)

View Item View Item