Susanti, Novi Tri (2021) PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA (Peneilitian pada siswa kelas V di Dusun Ngadiwongso, Desa Ngadirejo Salaman Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0127_BAB I-BAB II-BAB III-BAB V-DAFTAR PUSTAKA - Novi Susanti.pdf - Published Version Download (504kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0127_BAB IV - Novi Susanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0127_LAMPIRAN - Novi Susanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0127_FULLTEXT - Novi Susanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0127_PERNYATAAN PUBLIKASI - Novi Susanti.pdf - Published Version Download (314kB) | Preview |
Abstract
Interpersonal bagi kehidupan sehari-hari sangat penting. Tanpa interpersonal manusia tidak akan bisa hidup karena sejatinya manusia merupakan makhluk sosial. Dalam dunia pendidikan interpersonal sangat penting antara guru dan siswa agar terjalinya pembelajaran yang baik. Tanpa Interpersonal tidak akan terajadi interaksi dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Interpersonal siswa melalui model pembelajaran SCRAMBLE pada kelas V Dusun Ngadiwongso, Desa Ngadirejo Salaman Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara partisipatif. Variabel penelitian ini adalah Interpersonal siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Dusun Ngadiwongso, Desa Ngadirejo Salaman Kabupaten Magelang yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket Interpersonal siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket untuk mengetahui Interpersonal siswa. Teknik sampling yang di gunakan yaitu teknik sampling jenuh. Hasil penelitan menunjukan bahwa model SCRAMBLE efektif untuk menigkatkan Interpersonal siswa kelas V di Dusun Ngadiwongso, Desa Ngadirejo Salaman Kabupaten Magelang dengan langkah-langkah model pembelajaran SCRAMBLE (Stimulation, Problem Statement, Data Collection, Data Processing, Verification, Generalization). Peningkatan Interpersonal siswa ini terlihat pada siklus I presentase ketuntasan mencapai 52%. Mengalami peningkatan Interpersonal pada siklus II presentase ketuntasan mencapai 80%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd. dan Rasidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Scrambel, Interpersonal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:17 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:17 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3299 |
Actions (login required)
View Item |