Prihati, Miftah Dwi (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN (Penelitian pada Kelas V SD Desa Kebonagung, Sumowono, Kabupaten Semarang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0044_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA - ita paramita.pdf - Published Version Download (292kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0044_BAB IV - ita paramita.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0044_LAMPIRAN - ita paramita.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0044_FULLTEXT - ita paramita.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0044_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - ita paramita.pdf - Published Version Download (440kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media magic box terhadap keterampilan menulis pantun. Penelitian ini dilaksanakan oleh siswa kelas V SD Desa Kebongagung, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimen, khususnya one group pretest-posttest design. Subjek penelitian dipilih secara sampling purposive. Sampel yang diambil sebanyak 12 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Uji normalitas dilakukan untuk mengetahui data berdistribusi normali atau tidak. Analisis data menggunakan teknik statistik Wilcoxon dengan bantuan IMB SPSS Versi 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan media magic box berpengaruh terhadap keterampilan menulis pantun. Hal itu diperkuat dengan nilai rata-rata pretest 50,00 dan nilai posttest 73,75 yang mengalami peningkatan sebesar 23,75. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh nilai Z sebesar -3,068 dengan Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,002 (0,002<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media magic box terhadap keterampilan menulis pantun.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Arif Wiyat Purnanto, M.Pd. dan Ari Suryawan, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Make a match, Keterampilan menulis pantun |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:06 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:06 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3294 |
Actions (login required)
View Item |