Puspitasari, Meiken (2021) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA EXPLOSION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV Desa Gowak Krajan Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2020/2021). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0052_BAB I, BABII, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA - Meiken Puspitasari.pdf - Published Version Download (496kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0052_BAB IV - Meiken Puspitasari.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0052_LAMPIRAN - Meiken Puspitasari.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0052_FULLTEXT - Meiken Puspitasari.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0052_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Meiken Puspitasari.pdf - Published Version Download (605kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media Explosion Box terhadap hasil belajar Matematika kelas IV Desa Gowak Krajan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Penelitian dalam jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan soal pilihan ganda berjumlah 26 soal yang sudah diuji tingkat kevaliditasannya dan reliabilitasnya. Uji validitas soal pilihan ganda menggunakan validitas instrument adalah Product Moment Karl Person dengan bantuan program SPSS 25 for windows sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan IBM Statistic SPSS 25.0. Analisis data menggunakan teknik statistik Non Parametric yaitu Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mo del pembelajaran Make A Match berbantuan Media Explosion Box berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Hasil ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon dengan nilai Z sebesar -3927 dan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < (0,05). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar matematika pretest 46 dan posttest 72. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Explosion Box berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika pada Siswa kelas IV Desa Gowak Krajan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si. dan Ari Suryawan, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Make A Match, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:55 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:55 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3292 |
Actions (login required)
View Item |