Sari, Lina Vera (2021) PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA URANG PEMBA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG PEMBAGIAN SISWA ( Penelitian pada Siswa Kelas III di SD Negeri Kalinegoro 5 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2019/ 2020 ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0045_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Lina Vhera.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0045_BAB IV - Lina Vhera.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0045_LAMPIRAN - Lina Vhera.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0045_Fulltext - Lina Vhera.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0045_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORY - Lina Vhera.pdf - Published Version Download (250kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Direct Instruction dengan media “Urang Pemba” (Ular Tangga Pembagian) terhadap kemampuan menghitung pembagian siswa kelas III SD Negri Kalinegoro 5 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Designs dengan tipe one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sample yang diambil sebanyak 19 siswa kelompok experiment. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan lembas tes pilihan ganda. Uji validitas instrument pilihan ganda dengan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpa dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu uji Paired Sample TTest dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran Direct Instruction berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test pada kelompok ekperiment dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000<0.05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pretest sebesar 72,00 dan posttest sebesar 93,00. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Direct Instruction berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Purwati, MS.,Kons. dan Tria Mardiana, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Direct Instruction, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:50 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:50 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3291 |
Actions (login required)
View Item |