PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) (Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Tanggulrejo tahun pelajaran 2016/2017)

Wahyuningsih, Endah Tri (2017) PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) (Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Tanggulrejo tahun pelajaran 2016/2017). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0002 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0002 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0002 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0002 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Desain penelitian ini menggunakan eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa SDN Tanggulrejo yang berjumlah 12 kelas. Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas V yaitu VA sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol/kelas pembanding. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis yang menggunakan uji F (Anova). Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap peningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi alat pencernaan manusia. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas V yaitu sebelum menggunakan metode jigsaw pretest pada kelas eksperimen memperoleh 50, 20 sedangkan setelah menggunakan metode postest siswa kelas eksperimen memperoleh 82,08. Pada kelas kontrol itu tidak menggunakan metode sama sekali dan hasilnya tidak mengalami peningkatan yang signifikan yaitu pretest rata-ratanya 46,11 sedangkan postest memperoleh 50,55. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tanggulrejo.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons. (0008015701) Dhuta Sukmarini, M.Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:32
Last Modified: 25 Jun 2019 07:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item