PENGARUH METODE SAS DENGAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 Desa Majaksingi Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang)

Susanti, Eri (2021) PENGARUH METODE SAS DENGAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 Desa Majaksingi Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0081_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Eri Susanti.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0081_BAB IV - Eri Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0081_LAMPIRAN - Eri Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0081_Fulltext - Eri Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0081_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Eri Susanti.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SAS dengan media Flash Card terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di Desa Majaksingi. Penelitian ini menggunakan desin penelitian pre experimental dengan menggunakan model one grup pretest – posttes design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan dua variabel yaitu variabel terikat berupa keterampilan membaca siswa dan variabel bebas berupa metode SAS dengan media Flash Card. Sampel yang digunakan sebanyak 14. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan tes unjuk kerja membaca. Uji hipotesis menggunakan uji One Samples t-test dengan bantuan IMB SPSS Versi 21.00 Hasil penelitian menunjukan bahwa metode SAS dengan media Flash Card dapat berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan. Peningkatan keterampilan membaca permulan ini terlihat dari analisis Uji One sampels t-test dengan nilai seginifikansi sebesar 0,01 < 0,05 dengan hasil nilai rata-rata pre-test 58,57 dan skor rata-rata post-test 70,71. Berdasarkan analisis dan pembahasan terdapat peningkatan 12,14 dari skor rata-rata pre-test unjuk kerja membaca permulaan dan rata-rata post-test unjuk kerja membaca permulaan. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa metode SAS dengan media Flash Card berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca permulaan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. dan Putri Meinita Triana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca permulaan, Metode SAS dengan Media Flash Card
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:39
Last Modified: 16 Nov 2021 02:39
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

View Item View Item