Apriyani, Efa Nur (2021) PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA EXPANDING FILE TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Kowangan, Kab. Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0098_BAB I-BAB II-BAB III-BAB IV-DAFTAR PUSTAKA - Efa Nur Apriyani.pdf - Published Version Download (601kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0098_BAB IV - Efa Nur Apriyani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0098_LAMPIRAN - Efa Nur Apriyani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0098_FULLTEXT - Efa Nur Apriyani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0098_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Efa Nur Apriyani.pdf - Published Version Download (251kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non example berbantuan media expanding file terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1 di SD N Kowangan, Kab. Temanggung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan menggunakan model one grup pretest – posttes design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan dua variabel yaitu variabel terikat berupa keterampilan menulis siswa dan variabel bebas berupa model pembelajaran example non example berbantuan media expanding file. Sampel yang digunakan sebanyak 15. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan tes unjuk kerja menulis. Uji hipotesis menggunakan uji One sample t-test dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa model example non example berbantuan media expanding file dapat berpengaruh terhadap keterampilan menulis permulaan. Peningkatan keterampilan menulis permulan ini terlihat dari analisis Uji One sample t-test dengan nilai seginifikansi sebesar 0,001< 0,05 dengan hasil nilai rata-rata pretest 68 dan nilai rata-rata posttest 73. Berdasarkan analisis dan pembahasan terdapat peningkatan 5 dari skor rata-rata pre-test unjuk kerja menulis permulaan dan rata-rata post-test unjuk kerja menulis permulaan. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa model example non example berbantuan media expanding file berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis permulaan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis permulaan, model example non example berbantuan media expanding file |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:36 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:36 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3285 |
Actions (login required)
View Item |