PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di Desa Bogeman Timur Kelurahan Panjang Magelang)

Kurniasari, Diska Rega (2021) PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di Desa Bogeman Timur Kelurahan Panjang Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0016_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Diska Rega.pdf - Published Version

Download (781kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0016_BAB IV - Diska Rega.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0016_LAMPIRAN - Diska Rega.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0016_FULLTEXT - Diska Rega.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0016_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORY - Diska Rega.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika khususnya dalam materi kecepatan dan debit salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar matematika masih rendah, oleh hal itu penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan open ended terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas V di SD Desa Bogeman Timur Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain true experimental. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Masing-masing kelompok kelas berjumlah 11 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes (pretest–posttest). Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-test dengan bantuan program IBM SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open ended terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari perbedaan hasil belajar Matematika di tunjukan dengan menggunakan perhitungan Independen Sample t-test terhadap nilai posttest kelas eksperimen yang signifikan pada Asymp. Sig (2-tailed) 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan pendekatan open ended terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. dan Galih Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendekatan open ended, hasil belajar siswa, Siswa Sekolah Dasar Kelas V
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:32
Last Modified: 16 Nov 2021 02:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item View Item