PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL KATA BERBASIS METODE SAS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Wonoroto Kabupaten Magelang)

Andriani, Arista (2021) PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL KATA BERBASIS METODE SAS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Wonoroto Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0092_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Arista Andriani.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0092_BAB IV - Arista Andriani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0092_LAMPIRAN - Arista Andriani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0092_FULLTEXT - Arista Andriani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0092_PERNYATAAN PUBLIKASI - Arista Andriani.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan flanel kata berbasis metode struktural analitik sintetik terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Wonoroto, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian dipilih secara Nonprobability Sampling model sampling jenuh. Sampel yang diambil awalnya sebanyak 24, namun dikarenakan pandemi Covid-19 maka peneliti membatasi jumlah sampel yaitu sebanyak 15. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest. Uji validitas perangkat penelitian diperoleh dari validasi ahli, yaitu dosen PGSD. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor terendah pada pretest yaitu 10 dengan nilai 50, dan skor tertinggi 14 dengan nilai 70. Perolehan skor terendah pada posttest yaitu 15 dengan nilai 75, dan skor tertinggi 19 dengan nilai 95. Rata-rata nilai pretest adalah 59,6667, sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 85,6667. Hasil Paired Sample T-Test diperoleh signifikansi 0,000 < (a) 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Pada tabel t menunjukkan t-hitung negatif, yaitu -19,858 yang artinya rata-rata sebelum perlakuan lebih rendah daripada rata-rata sesudah perlakuan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan membaca permulaan dari pretest ke posttest, sehingga penggunaan media papan flanel kata berbasis metode struktur analisis sintesis berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si. dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Papan Flanel Kata Berbasis Metode SAS, Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:20
Last Modified: 16 Nov 2021 02:20
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item