Risti, Aprila Dwi (2021) PENGARUH METODE PARTISIPATORI BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN KELUARGA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri di Desa Banjarharjo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0024_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Aprila dwi Risti.pdf - Published Version Download (274kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0024_BAB IV - Aprila dwi Risti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0024_LAMPIRAN - Aprila dwi Risti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0024_FULLTEXT - Aprila dwi Risti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0024_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Aprila dwi Risti.pdf - Published Version Download (382kB) | Preview |
Abstract
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh siswa diantaranya mendengar, berbicara, menulis, dan membaca. Keempat keterampilan tersebut terkait antara satu dengan yang lainnya. Diantara empat keterampilan berbahasa yang paling banyak dilakukan oleh setiap orang adalah berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode partisipatori berbantuan media boneka tangan kelurga terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas II di Desa Banjarharjo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian preexperimental design dengan bentuk onegroup pretest posttest design. Subyek penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas II di Desa Banjarharjo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Penelitian pada materi ajar semester I pada tahun ajaran 2020/2021 dan hanya menggunakan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes unjuk kerja untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 24.00 for windows. Uji prasyarat data berupa uji normalitas Shapiro-Wilk dan analisi data berupa uji paired sample T-test. Pembelajaran menggunakan metode partisipatori berbantuan media boneka tangan keluarga berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Dibuktikkan dengan hasil analisis paired sample T-test menunjukkan 0,000 < 0,05. Peningkatan juga dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat di lakukan pengukuran awal (pretest) 56,6 dan pengukuran akhir (posttest) 69,95.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Arif Wiyat Purnanto, M. Pd. dan Dhuta Sukmarani, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Partisipatori, Media Boneka Tangan Keluarga, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:19 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:19 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3276 |
Actions (login required)
View Item |