PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA PERAHU PENGAPIT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PEMBAGIAN (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN Kalinegoro 5)

Mayangsari, Anggun Putri (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA PERAHU PENGAPIT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PEMBAGIAN (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN Kalinegoro 5). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0059_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - anggun putri.pdf - Published Version

Download (818kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0059_BAB IV - anggun putri.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0059_LAMPIRAN - anggun putri.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0059_Fulltext - anggun putri.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0059_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORI - anggun putri.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media perahu pengapit untuk meningkatkan kemampuan menghitung pembagian pada siswa kelas IV A SD Negeri Kalinegoro 5 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa pada kelas IV A SD Negeri Kalinegoro 5 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes dan observasi. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif presentase yang berupa hasil dari nilai belajar menyelesaiakn soal pembagian menggunakan cara susun panjang atau porogapit yang disajikan dalam bentuk angka untuk mencari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilaksanakan adalah penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media perahu pengapit dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal pembagian menggunakan cara susun panjang atau porogapit siswa kelas IV SD Negeri Kalinegoro 5 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, dibuktikan dengan hasil nilai Pra siklus yang didapatkan presentase ketuntasan hanya sebesar 4,8%, presentase ketuntasan meningkat menjadi 33,3% pada siklus satu dan meningkat menjadi 76,19% pada siklus dua. Kenaikan presentase ketuntasan KKM pada kegiatan penilaian pra siklus hingga evaluasi siklus dua setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media perahu pengapit yaitu sebesar 71,39%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd dan Rasidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Langsung, Media Perahu Pengapit, Porogapit
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:16
Last Modified: 16 Nov 2021 02:16
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3275

Actions (login required)

View Item View Item