Umam, Akhmad Khoirul (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA MISTERI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD N Sawangargo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2020/ 2021). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0132 (Cover, Bab I, Bab II, Bab III, Bab V, Daftar Pustaka. - Mas cokro.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0132 COVER DAN BAB IV_ - Mas cokro.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0132 COVER DAN LAMPIRAN_ - Mas cokro.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0132_FULLTEXT - Mas cokro.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
Pernyataan Unggah Repository - Mas cokro.pdf - Published Version Download (182kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media ular tangga misteri terhadap pemahaman materi IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Sawangargo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen Pre Experimenyal Design dengan model One Group Pretest Postest Design . Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SD Negeri di Sawangargo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi yaitu dengan teknik sampling jenuh dengan jumlah seluruh siswa kelas V 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, obsevasi, dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan oleh ahli dan diujikan statistik dengan bantuan IBM SPSS Statistic 26 begitu juga dengan uji reabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai Sig. Sebesar 0,001 dan lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penggunaan Model Times Games Turnament berpengaruh terhadap Pemahaman materi IPA siswa kelas V Sekolah Dasar di Desa Sawangargo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dhuta Sukmarani,M.Si dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Materi IPA, Pembelajaran Teams Games Tournament |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:11 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:11 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3274 |
Actions (login required)
View Item |