Widyawati, Ratna (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL(Studi Lapangan di SMA N 4 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0051_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0051_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0051_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0051_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilatarbelakangi oleh munculnya persoalan-persoalan guru dalam menanamkan nilai–nilai multikultural di SMA N 4 Magelang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nila-nilai multikultural di SMA N 4 Magelang, untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural di SMA N 4 Magelang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menerapkan strategi penanaman nilai-nilai multikultural di SMA N 4 Magelang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriftif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik yaitu dengan pengambilan data-data riil tentang stategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA N 4 Magelang. Dari hasil penelitian ini, menunjukan ada beberapa langkah yang dilakukan oleh guru berkaitan dengan strategi yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA N 4 Magelang Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA N 4 Magelang adalah guru mengajarkan rasa kasih sayang, toleransi, kerukunan, kedamian, dan sikap saling tolong menolong antar sesama dalam kehidupan sehari-hari. Menunjukkan keteladanan guru dalam interaksi antara guru dengan murid. Guru mengajak murid untuk bekerjasama. Adapun faktor pendukung adalah pihak sekolah,sarana prasarana dan adanya unsur transpirasi seingga penanaman nilai-nilai multikultural pada sisa bisa berjalan dengan baik dan lancar. Adapun faktor penghambat adalah kurang dukungan orang tua dan kurangnya persepsi antar guru agama.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, M.A dan Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Multikultural |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 11 May 2019 02:32 |
Last Modified: | 11 May 2019 02:32 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/318 |
Actions (login required)
View Item |