Budiarto, Eko (2018) PENGUJIAN USABILITY E-LEARNING EDMODO PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK MUHAMMADIYAH MUNGKID. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0504.0065_BAB I_BAB II_BAB III_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA_EKO BUDIARTO.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0504.0065_BAB IV_BAB V_EKO BUDIARTO.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0504.0065_LAMPIRAN_EKO BUDIARTO.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0504.0065_FULLTEXT_EKO BUDIARTO.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pemanfaatan e-learning sebagai alternatif model pembelajaran pada SMK di Magelang dirasakan belum maksimal. Hal ini dikarenakan beberapa fasilitas yang belum lengkap dan kendala dari sumber daya manusia yang agak sulit untuk beradaptasi dengan teknologi yang baru. Setelah dilakukan observasi lebih lanjut di SMK, e-learning sebagai alternatif model pembelajaran yang sudah dibuat belum termanfaatkan dengan baik. Hal ini terlihat dari observasi dilapangan bahwa siswa Kelas XI Teknik Komputer Jaringan belum memanfaatkan Edmodo sebagai media pembelajaran, ini dimungkinkan Edmodo sebagai e-learning kurang menarik untuk siswa. Maka perlu dilakukan penelitian, untuk mengetahui permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Siswa Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Muhammadiyah Mungkid dalam memanfaatkan e-learning edmodo sebagai media pembelajaran. Pengembangan e-learning salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan faktor kemudahan penggunaan (usability). Usability e-learning penting untuk diperhatikan agar pengguna yang mengunjungi atau mengakses elearning tersebut merasa mudah menggunakannya dan memperoleh informasi yang diperlukan sehingga berkemungkinan untuk terus mengakses e-learning tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Kuesioner penelitian yang disebar untuk 80 responden yang terdiri dari 24 pertanyaan dikelompokkan menjadi empat variabel berdasarkan WEBUSE yaitu Content, Organization and Readability, Navigation and Links, Design User Interface dan Performance and Effectiveness. Setelah kuisioner disebar maka didapatkan hasil data lalu akan dianalisis menggunakan teknik statistik. Dari hasil kuesioner e-learning edmodo terlihat hasil nilai rata-rata 0,82 dengan skala 0,6<=x<=0,8 adalah “baik”untuk ukuran usability. Maka perlu dikembangkan lebih lanjut kendala apa yang mempengaruhi siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan SK Muhammadiyah Mungkid masih kurang dalam memanfaatkan e-learning edmodo.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Nuryanto, ST., M. Kom dan R. Arri Widyanto, S.Kom.,MT |
Uncontrolled Keywords: | E-learning, WEBUSE, usability |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 02:30 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 02:30 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3153 |
Actions (login required)
View Item |