Musowir, Abdul (2018) PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI PADA SISWA SMP N 3 SATU ATAP KALIANGKRIK MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0032_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (767kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0401.0032_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0401.0032_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0401.0032_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Talking Stick terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Satu Atap Kaliangkrik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 3 Satu Atap Kaliangkrik. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 145 siswa, kemudian peneliti akan mengambil sampel 10% yaitu sebanyak 22 siswa dengan menggunakan teknik Probability sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan angket yang digunakan untuk mengetahui variabel pengaruh metode Talking Stick dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment. Untuk mengetahui pengaruh metode Talking Stick terhadap hasil belajar siswa menggunakan bantuan komputer program SPSS for windows versi 16.0.
Hasil penelitian pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa metode Talking Stick dalam klasifikasi cukup. Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban responden dalam kategori cukup dengan mean nilai skor metode Talking Stick sebesar 52.55. Hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Satu Atap Kaliangkrik dalam kategori cukup dengan mean nilai skor 54.91. Analisis korelasi product moment diperoleh nilai rxy hitung sebesar 0.881 dengan tingkat probabilitas 0.000 yang berarti ada pengaruh. Hasil tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu ada pengaruh antara pengaruh metode Talking Stick terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Satu Atap Kaliangkrik.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Nurodin Usman, Lc., MA., dan Ahwy Oktrakdiksa, S.Pd, M.Pd.I. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 04 May 2019 07:32
Last Modified: 05 Feb 2025 03:03
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item