Aziz, Abdul (2018) APLIKASI TAGIHAN PEMBAYARAN REKENING AIR PADA HIMPUNAN PENDUDUK PENGGUNA AIR MINUM (HIPPAM) BERBASIS SMS GATEWAY. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
11.0504.0095_BAB I_BAB II_BAB III_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
11.0504.0095_BAB IV_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (846kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
11.0504.0095_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
11.0504.0095_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum (HIPPAM) merupakan bidang usaha desa dalam penyediaan air bersih kepada masayarakat desa Lebak. HIPPAM ini termasuk bidang usaha yang sedang berkembang sehingga perlu terus meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Salah satu pelayanan yang ditingkatkan adalah bagian pelayanan informasi tagihan rekening. Proses pembuatan tagihan dan perhitungan tagihan selama ini masih menggunakan microsoft exel sedangkan untuk pengumuman masih secara konvensional dengan cara menempelkan tagihan di papan pengumuman. Untuk mengatasi masalah yang ada, maka dibangun sistem informasi tagihan rekening air berbasis SMS Gateway dan auto reply. Sistem ini bertujuan untuk menghasilkan sistem pemberitahuan tagihan pembayaran rekening air secara otomatis melalui sms gateway dan auto reply pada Himpuan Penduduk Pengguna Air Minum (HIPPAM) di desa Lebak Kecamatan Grabag Magelang. Sistem informasi tagihan air ini dirancang dengan menggunakan metode waterfall dimana metode ini menggunakan pendekatan yang sistematis dalam membuat sebuah sitem dimulai dari perencanaan, pemodelan, kontruksi serta penyerahan sistem ke pengguna atau pelanggan dan diakiri pada perangkat lunak lengkap yang dihasilkan. Sistem ini berbasis reminder dimana sistem akan mengirim SMS sebagai pengganti pemberitauan setiap bulannya secara terjadwal dan auto reply setiap bulan. Dari penelitian yang dilakukan sistem ini dapat melakukan pemberitauan tagihan pelanggan secara cepat dan tepat setiap bulannya
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Uky Yudatama, S.Si., M.Kom dan R. Arri Widyanto, S.Kom., MT |
Uncontrolled Keywords: | SMS Gateway, Auto Reply, HIPPAM |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 02:57 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 02:57 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3060 |
Actions (login required)
View Item |