PENGARUH MODEL QUANTUM TEACNING TIPE TANDUR BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD N Soborejo 1, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung)

SULISTYANINGSIH, DEWI (2018) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACNING TIPE TANDUR BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD N Soborejo 1, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0079_BA I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_DEWI SULISTYANINGSIH.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0079_BAB IV_DEWI SULISTYANINGSIH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0079_LAMPIRAN_DEWI SULISTYANINGSIH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0079_FULLTEXT_DEWI SULISTYANINGSIH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum teaching tipe TANDUR berbasis Multiple Intellegence terhadap keterampilan proses pembelajran IPA, siswa kelas IV SD Negeri Soborejo 1. Penelitian ini merupakan penelitian murni (True eksperimental Design) dengan model Pretest Posttest Control Group Design. Subjek Penelitian dipilih secara jenuh sampling. Sample yang diambio sebanyak 42 siswa terdiri dari 21 siswa kelompok eksperimen dan 21 kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan pengujian angket dan lembar observasi keterampilan proses pembelajarn IPA. Uji Analisis data menggunkan teknik statistic parametric yaitu uji Independen Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16.00 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Quantum teaching tipe TANDUR berbasis Multiple Intellegence terdapat perbedaan ynag signifikan terhadap keterampilan proses pembelajaran IPA. Hal ini di buktikan dari hasil perhitungan rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 86 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol sebesar 75. Hasil analisis data menunjukan nilai t hitung 4.743 > t tabel 2,024 dengan Sig. 0,000< 0,005 artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil post test kelas eksperimen yang menggunakan model Quantum teaching tipe TANDUR berbasis Multiple Intellegence dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensioanal.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd dan Galih Istiningsih, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Model Quantum teaching tipe TANDUR berbasis Multiple Intellegence, Keterampilan Proses Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 08:16
Last Modified: 17 Jan 2022 08:16
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3042

Actions (login required)

View Item View Item