Fauzi, Miftah Nur (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas III Di SD Negeri Blondo 3 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0305.0076_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Miftah Nur Fauzi.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0305.0076_BAB IV_Miftah Nur Fauzi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0305.0076_LAMPIRAN_Miftah Nur Fauzi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0305.0076_FULLTEXT_Miftah Nur Fauzi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas III Sekolah Dasar Negeri Blondo 3 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model pretest Posttest Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 34 siswa terdiri dari 17 siswa kelompok eksperimen dan 17 kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes lisan, wawancara, dan unjuk kerja. Uji validitas instrumen menggunakan pendapat ahli (Profesional Judgement) dengan beberapa ahli. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik satistik nonparametrik yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS for Windows versi 23. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa model Time Token berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik menunjukan Z= -4,939 dan nilai Asymp. Sig (2tailed) bernilai 0,000 dengan = 0,05, sehingga dapat dibuat kesimpulan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,41 dan kelompok kontrol 58,35. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahawa penggunaan model Time Token berpengaruh positif terhadap keamampuan berbicara siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd dan Septiyati Purwandari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | model time token, kemampuan berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 08:15 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 08:15 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3041 |
Actions (login required)
View Item |