KORELASI KESIAPAN BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Mertoyudan)

Fatkhussarifin, Fatkhussarifin (2018) KORELASI KESIAPAN BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Mertoyudan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0069_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Fatkhussarifin.pdf - Published Version

Download (860kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0069_BAB IV_Fatkhussarifin.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0069_FULLTEXT_Fatkhussarifin.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kesiapan belajar dan keterampilan proses IPA terhadap prestasi belajar IPA Sekolah Dasar seKecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) se-Kecamatan Mertoyudan, dengan sampel penelitian sejumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan bersifat korelasi. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui metode angket, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat korelasi antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar se-Kecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai t hitung sebesar 22,882 > t tabel 1.677 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. (2) terdapat korelasi antara keterampilan proses IPA dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar seKecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai nilai t hitung sebesar 76,261 > t tabel 1.677 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05. Terdapat korelasi antara kesiapan belajar dan keterampilan proses dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar se-Kecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai F hitung 29,98 > F tabel 3,20 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno., M.Si dan Rasidi., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kesiapan belajar dan keterampilan proses IPA terhadap prestasi belajar IPA Sekolah Dasar seKecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) se-Kecamatan Mertoyudan, dengan sampel penelitian sejumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan bersifat korelasi. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui metode angket, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat korelasi antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar se-Kecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai t hitung sebesar 22,882 > t tabel 1.677 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. (2) terdapat korelasi antara keterampilan proses IPA dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar seKecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai nilai t hitung sebesar 76,261 > t tabel 1.677 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05. Terdapat korelasi antara kesiapan belajar dan keterampilan proses dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar se-Kecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai F hitung 29,98 > F tabel 3,20 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 08:12
Last Modified: 17 Jan 2022 08:12
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3040

Actions (login required)

View Item View Item